• Tips Memilih Kost bagi Mahasiswa

    Sudah  tidak asing lagi ketika mendengar kata kost-kostan di telinga mahasiswa, apalagi bagi mahasiswa rantauan pasti mencari tempat hidup sementara yang dekat dengan kampus mereka.

    Sering terjadi kebingungan ketika mereka khususnya MABA (mahasiswa baru) yang merantau mencari kosan yang cocok.

    Saya yang sudah merasakan hidup di istana kosan, akan memberikan tips-tips bagaimana cara memilih tempat kos yang baik, agar tidak menyesal di kemudian hari.



     Lalu Apa Saja Tips nya?

    1. Dekat dengan Kampus


    Mahasiswa sebagai makhluk yang hobinya kerjain tugas di malam hari, tidak memikirkan besok masuk pagi atau siang, yang mereka pikirkan adalah agar tugas cepet selesai. Tak heran jika mengerjakan tugas hingga larut malam dan esok nya masuk pagi, terkadang mereka suka bangun kesiangan, ketika bangun pun mereka menjadi terburu-buru agar tidak telat masuk kelas, kalau telat pun hanya beberapa menit. 

    Bayangkan jika kosan nya jauh dari kampus, bisa-bisa baru nongolin muka saja di kelas sudah disuruh keluar oleh dosen (gak asik atuh...) bahkan ada beberapa mahasiswa yang ngekos tidak mandi apalagi mikirin sarapan, yang mereka pikirkan adalah agar tidak telat masuk kelas.

    2. Fasilitas Memadai


    Fasilitas merupakan hal yang penting saat mencari kosan, sebab kenyamanan mahasiswa yang ngekos dilihat dari seberapa memadainya fasilitas yang tersedia di kosan tersebut. Menurut saya yang berpengalaman ngekost ada beberapa fasilitas yang cocok di antaranya, yaitu terdapat lemari yang mempunyai 2 fungsi ialah untuk belajar dan tempat simpan pakaian, kemudian kasur entah itu yang ada ranjang nya maupun yang hanya kasurnya saja, agar mahasiswa setelah mengerjakan tugas bisa tidur dengan nyaman.




    Kemudian tersedianya kamar mandi di dalam, karena ketika kita sedang terburu-buru kalau saja kamar mandi di luar dan kebetulan ada teman kosan menggunakan kamar mandi pasti kita akan menunggu nya, ada pun disaat kita sedang menyuci piring ataupun pakaian kita tidak terburu-buru.



    Kemudian yang terakhir tersedianya kabel roll/colokkan, karena zaman sekarang sebuah colokkan sangat dibutuhkan bagaikan kekasih yang di idamkan hihi... mahasiswa sangat butuh untuk laptop, hp, atau mungkin benda elektronik lain yang membutuhkan aliran listrik.

      
    3. Jaringan Internet Stabil

    Saat ini internet sudah seperti santapan sehari-hari bahkan bisa dibilang "makanan pokok", karena zaman sekarang sulit untuk tidak menggunakan internet sehari saja, terlebih lagi dengan muncul nya alat-alat gadget dan aplikasi-aplikasi yang pasti menggunakan internet.

    Bagi mahasiswa saat ini mereka mengerjakan tugas nya pasti menggunakan internet, baik untuk mencari bahan-bahan informasi untuk menyelesaikan tugas hingga melakukan kelas di internet seperti classroom. Oleh sebab itu, mahasiswa ketika mencari tempat kos harus memperhatikan apakah jaringan internet di sana stabil atau tidak, kalau tidak sebaiknya cari kosan di tempat lain.

    4. Harga Terjangkau


    Berikutnya adalah mencari kosan yang harganya tidak terlalu mahal, paling tidak berkisar antara 300 ribu sampai 600 ribu rupiah, dengan fasilitas yang memadai itu sudah cukup. Itu pun tergantung dengan kondisi ekonomi keluarga masing-masing. Kalau misalnya keluarga mampu membayar lebih hingga harga sejuta perbulan silahkan, karena keinginan dan kemampuan orang berbeda-beda.

    5. Terdapat Ventilasi Udara


    Kebanyakkan kost-kostan terlihat pengap dan kurang masuk nya udara bebas, hal itu disebabkan bangunan kosan tersebut tidak memiliki ventilasi udara yang cukup. Agar supaya mencari kosan yang tidak pengap dan berasa adem, maka carilah yang memiliki ventilasi udara seperti jendela, corong udara, dan berupa apa saja, sehingga kita merasa nyaman dan tidak berasa panas saat di dalam kosan.



    6. Keamanan dan Kebersihan Terjamin


    Yang terakhir ialah faktor keamanan dan kebersihan sangat penting untuk kenyamanan saat berada di kosan, membuat kita belajar lebih tenang, aman, dan nyaman. Ada kosan yang menerapkan keamanan ketat misalnya di lapisi pagar yang selalu di gembok oleh pemiliki kosnya, ada juga yang menerapkan aturan membawa teman maupun jangan ada yang nginap selain penghuni kamar kos. 

    Untuk kebersihan itu dari diri kita sendiri, apakah diri kita suka bersih-bersih atau malas? itu tergantung masing-masing mahasiswa. Adapun pemilik kos yang tiap hari membersihkan kamar-kamar kos disaat mahasiswa sedang kuliah.

    Berikut adalah tips-tips memilih kost-kostan dari saya, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca nya...

    Jangan lupa untuk isi komentar, pilih reaksi, dan share yaa...

    ~ F.R ~
  • You might also like

    1 comment:

Popular Posts